Monthly Archives: August 2008

Marhaban Yaa Ramadhan

Standard

Minggu-minggu ini rasanya berat. Terlalu banyak masalah yang dateng. Kalo boleh milih, rasanya ingin banget tidur dan ngga pernah bangun lagi besok paginya. Tapi kayanya Allah milih dewi buat ngelaluin semuanya. Dan kalo Allah yakin dewi pasti bisa ngehadapinnya kenapa dewi musti nyerah?

Mungkin untuk orang lain masalah yang dewi hadapin biasa-biasa aja, tapi buat dewi ini berat. Apa yang dewi alamin di tempat kerja dan di rumah kayanya ngga sanggup dewi jalanin semua. Jadi seperti lepas dari satu masalah dan ketemu masalah yang lain. Waktu di rumah dewi bisa lupa sama masalah di kantor tapi tetep dewi ngga bisa keluar dari masalah yang ada di rumah, di kantor sebaliknya dewi bisa lupa masalah rumah tapi dewi dihadapin sama masalah yang lain.. Kalo udah gini rasanya pengen balik lagi jadi anak kecil. Setiap hari dilalui tanpa ada beban.. Dan disaat seperti ini satu-satunya tempat dimana dewi bisa lupain semuanya untuk sementara cuman satu ruangan 3 x 3 di sudut rumah. Dimana ada banyak hal yang bisa bikin dewi tenang, ada buku yang bisa dewi baca, film dan musik yang bisa dewi nikmatin kapan aja. Disini dewi bisa lupa kalo dewi udah tua, soalnya kebanyakan waktu dewi habisin buat nonton Disney Channel sama baca buku. Pernah dewi habisin beberapa minggu cuman buat ngulang baca Harry Potter dari 1 sampe 7. Setiap selesai baca satu buku dewi tonton filmnya dan marah-marah sendiri karna kebanyakan filmnya beda sama bukunya. I’m freak.. yes I am. Tapi setiap orang pasti punya caranya sendiri buat bisa lupa dari masalahnya kan?

Fabiayyi ‘aalaa irabbikumaa tukadzibaan“* sepenggal ayat yang bisa bikin dewi kuat setiap harinya. Pertama kali baca surat ini dan ngerti artinya dewi nangis (mungkin nangisnya karna dewi bacanya pas lagi ada masalah). Ampuni hamba ya Rabb, begitu banyak nikmat-Mu yang hamba dustakan. Dan untuk saat ini dewi bersyukur Ramadhan sebentar lagi. Dimana setiap ibadah yang kita lakuin kita dapet pahala lebih banyak dari bulan-bulan yang lain, dimana setiap do’a yang kita panjatkan di ijabah dan dimana setiap malamnya terasa indah.

Selamat menunaikan ibadah Saum buat yang melaksanakan..

..Postingan menyambut Ramadhan yang ngga nyambung..

* salah satu ayat dari surat Ar-Rahman yang diulang-ulang, artinya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Sebuah Perjalanan

Standard

Setelah thawaf 'wada

Berikhtiar sekuat Hajar
Dibalut semangat tanpa pudar
Berpayung terik panas nan berpijar
Teruntuk seorang Ismail yang kian tegar

Setelah sekian lama lelah… Lelah dengan penat, lelah dengan rutinitas, dan lelah dengan lelah itu sendiri, perjalanan kemarin akhirnya menghapus lelah itu. Perjalanan singkat penuh kerinduan pada Sang Pencipta. Menyusuri jalan panjang berdebu hanya untuk bersimpuh dan bertobat.…

Bersama rembulan yang lingkari bumi
Bersama bumi yang mengelilingi matahari
Bersama matahari yang membentuk galaksi
Bersama atom yang tetap setia pada sang inti

Perjalanan yang sebelumnya tak terbayangkan. Meninggalkan gemerlap dunia untuk sementara hanya untuk meraih cinta-Nya. Menanggalkan napsu duniawi untuk khusyu’ bercinta dengan-Nya. Dengan tak henti mengucap syukur atas kesempatan yang telah Dia berikan… Terima kasih ya Rabb.. Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamin… Jika bukan karena-Nya perjalanan ini mungkin tidak pernah ada.. Entah kapan akan terulang kesempatan yang sama.. Ijinkanku untuk kembali ya Allah..

Sucikan diri dalam balutan putih
Lepaskan beribu topeng yang menghimpit
Setara bersama tak ada satu melejit
Relakan dunia yang kian sempit

Timbul tanya dalam hati setelah perjalanan penuh cinta ini… Apakah aku menjadi orang yang lebih baik? Akankan Allah lebih mencintaiku daripada sebelumnya? Apakah aku akan terus mendzalimi diriku sendiri? Tunjukan jawabnya ya Rabb…

*poem by M Agung Wibowo
(sebuah posting yang tertunda)